Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi dalam pemasaran, yaitu aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, memengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan di dalamnya. Semua kegiatan tersebut tidak lain halnya bertujuan untuk meningkatkan volume atau peningkatan penjualan dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli di perusahaan tersebut.
Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang menjadi target promosi yang dilakukan. Promosi sebuah jasa dapat dilakukan di antaranya dengan mengadakan kegiatan di suatu lokasi, promosi melalui poster atau iklan media cetak, radio maupun internet. Sebuah usaha jasa kini banyak dibutuhkan di berbagai bidang seperti administrasi, teknisi, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan peluang tersebut, Anda bisa membuka sebuah usaha yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang menjadi target promosi yang dilakukan. Promosi sebuah jasa dapat dilakukan di antaranya dengan mengadakan kegiatan di suatu lokasi, promosi melalui poster atau iklan media cetak, radio maupun internet. Sebuah usaha jasa kini banyak dibutuhkan di berbagai bidang seperti administrasi, teknisi, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan peluang tersebut, Anda bisa membuka sebuah usaha yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Media Promosi dalam Pemasaran Usaha Jasa Profesi dan Profesionalisme
Berikut ini merupakan media promosi dan pemasaran usaha jasa profesi dan profesionalisme.1. Menghubungi secara langsung dan tindak lanjut
Menghubungi secara langsung dalam hal ini berarti membuat kotak secara langsung kepada calon klien kita. Hal ini bisa dilakukan secara tatap muka, melalui telepon, surat, e-mail, sms, atau secara online. Setelah sudah melakukan kontak pertama, perlu dilakukan tindak lanjut agar hubungan kita dengan mereka menjadi lebih kuat dan mereka menjadi lebih mengenal kita. Ini adalah strategi yang paling efektif untuk memasarkan jasa profesional kita.2. Networking atau membangun referensi
Networking adalah mengumpulkan nama-nama yang kita bisa manfaatkan untuk menjadi klien, referral, mendapatkan informasi, dan lain-lain. Kita juga bisa mendapatkan orang yang bisa mereferensikan dengan nama-nama tersebut berkaitan dengan pasar yang menjadi sasaran kita.3. Berbicara di depan umum
Kita akan cenderung mudah diingat bila pernah berdiri di depan mereka dan berbicara mengenai suatu topik. Berbicara di depan umum mengenai topik yang dikuasai, kredibilitas kita di mata mereka pun semakin kuat.4. Menulis
Menulis artikel maupun blog berkaitan dengan keahlian kita merupakan cara yang tepat untuk dikenali banyak orang dan memperoleh kredibilitas. Jadi, dengan menulisnya maka akan lebih mudah di ketahui tentang jada profesi dan profesionalisme yang Anda tawarkan.5. Kegiatan-kegiatan promosi
Berbagai kegiatan promosi seperti mengikuti pameran, menjadi sponsor, dan lainnya, bisa mendekatkan kita pada banyak calon klien. Namun kita juga perlu memperhatikan faktor biaya yang perlu dikeluarkan.6. Iklan
Periklanan (advertising) yaitu bentuk promosi nonpersonal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang atau menarik konsumen untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Banyak jenis periklanan mulai dari koran, tablet, majalah, dan yang sangat mudah diketahui banyak orang ialah menggunakan internet terutama medial sosial.Berlangganan Artikel Gratis Via Email
Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel gratis yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.
No comments:
Post a Comment