--> Strategi Promosi Penjualan Produk Kerajinan Menguntungkan - Baru Oi
Home Kerajinan / Tips Jualan

Strategi Promosi Penjualan Produk Kerajinan Menguntungkan


Kerajinan merupakan budidaya tradisional yang kini menjadi komoditi negara untuk meningkatkan devisa. Di antara sejumlah kerajinan Nusantara, ada kerajinan yang tetap mempertahankan bentuk dan ragam hias tradisionalnya, tetapi ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntunan pasar. Berkat adanya perkembangan serta kemajuan teknologi dan adanya berbagai penelitian yang dilakukan oleh masyarakat, kelompok, atau perguruan tinggi, akhirnya bahan yang dapat dipakai untuk membuat kerajinan pun semakin bervariasi, termasuk di antaranya yaitu bahan kerajinan yang berasal dari limbah maupun nonlimbah.

Strategi Promosi Penjualan Produk Kerajinan Menguntungkan

Pada ulasan ini, Anda akan mempelajari bagaimana strategi promosi penjualan produk kerajinan yang menguntungkan. Anda diharapkan dapat mengembangkan kreativitas agar produk kerajinan yang ada di wilayah Anda dapat diolah sedemikian rupa sehingga menjadi karya yang lebih inovatif dan bermutu. Kekayaan alam Indonesia merupakan modal untuk menghasilkan produk kerajinan. Sejak dahulu rakyat Indonesia telah menggunakan produk kerajinan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kekayaan alam Indonesia merupakan sebuah anugerah Tuhan YME. Oleh karena itu, kita harus memuji ciptaan Tuhan. Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam. Ada juga yang memanfaatkan bahan limbah sebagai kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet, dan logam. Limbah sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai barang kerajinan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan pengolahan yang baik maka akan bisa menghasilkan sebuah produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang menguntungkan.

Selain itu, dalam membuat sebuah produk kerajinan perlu halnya diimbangi dengan pengetahuan pemasaran produk tersebut dengan baik. Dengan begitu maka produk yang telah dibuat dapat dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki nilai jual yang menguntungkan. Dalam pemasaran produk Anda harus memperlajari bagaimana strategi promosi penjualan produk kerajinan tersebut agar semakin banyak produk tersebut dikenal. Untuk itu, lihat uraian di bawah ini mengenai bagaimana strategi promosi produk kerajinan yang baik dan benar.

Strategi Promosi Penjualan Produk Kerajinan Menguntungkan

Dalam menjual hasil kerajinan, berikut ini strategi yang dibutuhkan dalam memasarkan suatu produk usaha kerajinan tersebut.

1. Mengenai jenis produk yang ingin dipasarkan

Maksudnya di sini adalah Anda harus mengenali produk kerajinan yang Anda buat dan apa yang sedang banyak dicari masyarakat. Misalnya Anda tahu cara membuat gantungan kunci, gantungan kunci ini sering dicari oleh para wisatawan lokal maupun domestik sebagai oleh-oleh, maka Anda dapat membuat gantungan kunci dan menjualnya.

Jika Anda membuat kerajinan yang memiliki sebuah nilai seni seperti lukisan atau patung, maka sebaiknya Anda mengerti tentang nilai seninya. Misalnya saja Anda membuat suatu bentuk kerajinan berupa lukisan, maka Anda harus dapat bercerita tentang isi dari lukisan tersebut.

2. Strategi pasar, penjualan, dan distribusi

Strategi tersebut merupakan tiga hal yang sangat menentukan kesuksesan suatu usaha di pasaran. Target pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan oleh perusahan ini adalah konsumen dari tingkat menengah ke atas. Sasaran yang ditujukan pada masyarakat umum. Terutama masyarakat yang senang menghisasi rumahnya. Pertama membuat produk dengan jumlah 20. Distribusi penjualan ini dengan menyalurkan ke toko, mall, dan secara online.

3. Penetapan harga

Harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan produk. Seseorang kebanyakan memilih produk murah tapi berkualitas rendah, dibanding harga mahal dengan kualitas tinggi. Dalam hal ini strategi penetapan harga harus diperhitungkan dalam memulai suatu usaha. Pada awal peluncuran produk untuk menarik konsumen, menjual produk dengan harga rendah. Jika permintaan meningkat, barulah menaikkan harga sedikit demi sedikit.

4. Periklanan dan promosi

Periklanan merupakan salah satu usaha promosi pengenalan produk pada masyarakat luas. Promosi di lakukan dengan cara menempel pamflet di pinggir jalan, warnet, warung, atau tempat keramaian yang semua orang bisa membacanya. Bisa juga dengan cara promosi di mall-mall dan toko accecoris yang letaknya strategis. Selain itu, perusahaan akan memasang iklan secara online atau bisa juga dari mulut ke mulut. Dalam periklanan, perusahaan kami lebih mengutamakan segi kreatifitas dan kualitas yang dibuat.

Berlangganan Artikel Gratis Via Email

Suka dengan artikel diatas? Jangan lewatkan postingan-postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel gratis yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.


Baca juga :

Artikel Lainnya


Beri Tanggapanmu Dengan Baik

1. Tulis tanggapan Anda sesuai dengan judul artikel.
2. Dilarang mecantumkan link aktif di dalamnya.
3. Tidak boleh mempromosikan barang atau berjualan.
4. Berkomentarlah dengan baik, kepribadian Anda akan tercemin saat berkomentar.

1 comment:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

'
to Top